Mata Pelajaran

Minggu, 20 Februari 2011

Install CMS social networking dengan JCow

JCow adalah salah satu CMS dengan peruntukkan situs jejaring sosial. Betul, itu artinya siapapun bisa membuat situs jejaring sosial yang diinginkan, baik yang bersifat terbuka atau terbatas (Misalnya sekolah, kampus atau komunitas lainnya).
Dikembangan sebagai aplikasi web berbasis open source Jcow mengeluarkan tiga versi yaitu starter, profesional dan profesional plus.sedang versi bebasnya adalah versi starter.Sebagai aplikasi berbasis web maka yang perlu disiapkan adalah ketersedian webserver lengkap dengan PHP dan MySQL yang bisa diatasi dengan menginstall XAMPP

1. Langkah pertama adalah Men download file JCow di : http://sourceforge.net/projects/jcow/

2. Ekstrak file tersebut dan letakkan di direktory root dari webserver (c:\xampp\htdocs\jcow)

3. Pada aplikasi browser siapkan sebuah database misalnya dengan nama jcow menggunakan http://localhost/phpmyadmin/
4. Buka alamat http://localhost/jcow/install.php pada aplikasi browser
5. Isi form dbhost : localhost, dbname : jcow, db username : root, db password: . sedang website url biarkan seperti yang tertera, Administration email : , administration password :

6. Jika Isian sudah benar, Klik tombol "Agree to this license Agreement, Begin Install", jika terjadi kesallah isi akan ada pemberitahuan, perhatikan baik-baik pesan kesalahan.
7. Instalasi selesai, jangan lupa untuk menghapus install.php agar tidak diinstall ulang oleh pihak yang tidak dikehendaki.

8. Selanjutnya tinggal menikmati jejaring sosial yang sudah ternistall. akan tetapi jangan lupa lakukan pengaturan dan pengelolaan secara berkelanjutan karena di dunia CMS membuat begitu mudah, mengatur dan mengawasi perlu komitmen dan konsistensi seorang web admin.

Catatan: alamat localhost atau 27.0.0.1 adalah untuk penggunaan secara single user, jika untuk jaringan lokal komputer harus terkoneksi ke jaringan dan memiliki IP Address yang tetap (static).
Pada proses instalasi alamat host URL diisi ip address komputer kita (misal: http://192.160.1.100/jcow/install.php) untuk langkah ke empat.

1 komentar: